Kegiatan Prodi Ekonomi Syariah

1. Diklat Pekerti (09-13 Mei 2018)

Diklat PEKERTI bagi Dosen Pemula

Guna meningkatkan keterampilan Dasar Teknik Instruksional, dosen-dosen Ekonomi Syariah mengikuti kegiatan PEKERTI yang diselenggerakan oleh Kopertis Wilayah 7 Jawa Timur yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari, yakni pada tanggal 9 hingga 13 Mei 2019 bertempat di Ruang Rapat Gedung A Universitas Muhammadiyah Jember. Dalam kegiatan ini, para peserta pekerti diberikan materi tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan RPS dan RPP.Bertindak sebagai pemateri sekaligus pembimbing dalam kegiatan diklat ini adalah TIM dari Kopertis, salah satu diantaranya adalah Prof. Zainuddin Maliki, M.Si. Peserta PEKERTI tidak hanya diikuti oleh dosen-dosen dilingkungan Universitas Muhammadiyah saja, akan tetapi juga diikuti oleh dosen-dosen dari berberapa Universitas diwilayah Kopertis 7.

2. Diklat Kurikulum (31 Mei 2018)

Diklat Kurikulum Prodi Ekonomi Syari’ah

Salah satu komponen terpenting dalam sebuah proses pembelajaran adalah adanya kurikulum yang tersususn dengan baik. Disisi lain, kurikulum yang ada juga harus mampu merespon perkembangan zaman yang begitu pesat dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Maka, dalam rangka untuk mewujudkan hal tersebut, Prodi Ekonomi Syari’ah mengadakan Diklat Kurikulum yang diadakan pada tanggal 31 Mei hingga 02 Juni 2018 yang bertempat di Ruang Mikro Teaching Gedung FKIP. Bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan ini adalah Wakil Dekan FKIP, Ibu Fitrotul Mufaridah, M.Pd. Dengan penuh ketelatenan, beliau membimbing para dosen Ekonomi Syari’ah guna menyusun kurikulum yang baik dan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Harapannya, bahwa kurikulum yang disusun ini mampu membekali para mahasiswa Ekonomi Syari’ah dengan ilmu pengetahun dan soft skill yang bermanfaat bagi masyarakat kelak.

3. Studi kunjungan ke unit PDi UNMUH jember dalam rangka belajar penyusunan jadwal kuliah (01 Oktober 2018).

Kunjungan ke PUSDASI Universitas Muhammadiyah Jember

Salah satu media pembelajaran yang dimiliki oleh UNMUH Jember adalah e-learaning. E-learning juga merupakan respon terhadap perkembangan teknologi dunia pendidikan. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengakses dan berbagi ilmu pengetahuan. Maka, dalam rangka optimalisasi penggunaan e-learning, para dosen ekonomi Syar’ah melakukan kunjungan ke kantor Pusat Data dan Informasi (PUSDASI) Universitas Muhammadiyah Jember pada tanggal 01 Oktober 2018. Dalam kunjungan tersebut, para dosen disambut dan mendapat bimbingan langsung dari Kepala Unit PUSDASI, bapak Lutfi Ali Muharom, S.Si, M.Si. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan bagi dosen-dosen Ekonomi Syari’ah dalam pemanfaatan e-learning agar lebih optimal, sehingga mampu memberikan kemudahan bagi para dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran.

4. Mou dengan Baznas Kab. Jember (28 Oktober 2018)

Penandatanganan MoU dengan Baznas Jember

Pada tanggal 28 Oktober 2108, Prodi Ekonomis Syari’ah melaksnakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ) Kabupaten Jember. Pelaksanaan MoU dimaksudkan untuk menjalin silaturrahim dengan salah satu steakholder, yakni Lembaga Zakat. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat memperkuat sinergitas antar lembaga, sehingga kelak diharapkan mahasiswa Ekonomi Syari’ah dapat belajar menejemen zakat ke lembaga Baznas.

5. Sekolah Leadership Ekonomi Syariah (2-4 November 2018)

Diklat Kepemimpinan Mahasiswa Ekonomi Syari’ah

Dalam rangka meningkatkan kemampuan leadership Mahasiswa Ekonomi Syari’ah, Prodi ES mengadakan Diklat Kepemimpinan yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Ambulu pada tanggal 3-5 November 2018. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa ES yang berjumlah 24 Mahasiswa. Dalam kegiatan ini juga dibentuk wadah Organisasi Mahasiswa Ekonomi Syari’ah, yang dinamakan HIMALAYA (Himpunan Mahasiswa Leader Syari’ah). Terpilih sebagai ketua HIMALAYA saudara Ahmad Rofiq, dan sebagai wakil saudara Rico Antoni. Melalui wadah HIMALAYA inilah mahasiswa Ekonomi Syari’ah diharapkan dapat belajar organisasi, sehingga mereka diharapkan tidak hanya unggul dibidang akademis, namun juga diharapkan memiliki kemampuan menejerial yang bagus untuk mengelola organisasi. Kemampuan mengelola organisasi menjadi sangat penting untuk dimiliki para mahasiswa gunan menghadapi tantangan dimasyarakat dan dunia kerja.

6. Forum Studi Ekonomi Syariah (FORSES) di hotel GreenSa Sby 01-02 Desember 2018)

Workshop dan Rapat Kerja Forses

Pada tanggal 01 sampai 02 Desember 2018 Prodi Ekonomi Syari’ah mendapat kehormatan untuk hadir dalam kegiatan yang diadakan oleh Forses (Forum Program Studi Ekonomi Syariah) yang dilaksanakn di GreenSa Sby. Turut hadir sebagai perwakilan dari Prodi ES Universitas Jember, Kaprodi ES yaitu bapak Muhammad Syafi’I, M.E.I. Adapun agenda dalam kegiatan ini adalah;

  1. Mou Bidang penelitian utk Prodi Eko. Syariah dibawah Kopertais 4 SBY.
  2. Pembahasan Program kerja Ketua Prodi
  3. Penyusunan Struktur Pengurus Forses.

Terpilih pula dalam pemilihan struktur pengurus Forses, Kaprodi ES Unmuh Jember sebagai koordinator wilayah tapal kuda, yang meliputi wilayah Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang. Diharapkan dengan kegiatan ini terjalin hubungan yang lebih kuat antar Prodi Ekonomi Syariah di seluruh Perguruan Tinggi Indonesia khususnya Kopertais wilayah 4. Serta diharapkan pula dengan terpilihnya Kaprodi ES Universitas Muhammadiyah Jember sebagai koordinator wilayah tapal kuda mampu memperkuat peran Prodi ES Universitas Muhammadiyah Jember diwilayah Kopertais 4.

7. Workshop Jabatan Fungsional Dosen Ekonomi Syariah (15-16 Desember 2018)

Workshop dan Bimtek Penyusunan Jabatan Fungsional

Jajaran Dekanat Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember mengadakan Workshop dan Bimtek Penyusunan Jabatan Fungsional yang diperuntukkan bagi para dosen dilingkungan FAI. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari 15-16 Desember 2018 di Auditorium Mini Prodi Pariwisata dan Perhotelan UNMUH Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memacu para dosen dilingkungan FAI untuk terus berkarya dan berkarir dalam bidang akademik. Pemateri dalam kegiatan ini dibimbing langsung oleh salah satu staff di lingkungan Kopertais Wilayah 4.

8. Bertemu dengan kepala Bank Indonesia Cab. Jember dan pengurus IAEI Wilayah jawa timur dalam penyusunan program kerja dan pembentukan komisariat IAEI UNMUH jember (18 Desember 2018).

Sharing dengan Kepala BI Cabang Jember tentang Pembentukan Komisariat IAEI UNMUH Jember

Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Jember menunjukkan keseriusannya untuk ikut serta berperan aktif dalam pengembangan Ilmu Ekonomi Syari’ah. Hal ini ditunjukkan dengan rencana pembentukan Komisariat Ikatan Ahli Ekonomi Islam UNMUH Jember. Sebagai langkah awal pembentukan komisariat, Kaprodi ES bersama Ketua IAEI Wilayah Jawa Timur bersilaturrahmi dengan Kepala Bank Indonesia Cabang Jember. Hal ini dimaksudkan untuk konsultasi dan sharing tentang program kerja IAEI Komisariat UNMUH Jember. Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2018 dikantor Bank Indonesia Cabang Jember. Sharing dengan Kepala BI Cabang Jember tentang Pembentukan Komisariat IAEI UNMUH Jember Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Jember menunjukkan keseriusannya untuk ikut serta berperan aktif dalam pengembangan Ilmu Ekonomi Syari’ah. Hal ini ditunjukkan dengan rencana pembentukan Komisariat Ikatan Ahli Ekonomi Islam UNMUH Jember. Sebagai langkah awal pembentukan komisariat, Kaprodi ES bersama Ketua IAEI Wilayah Jawa Timur bersilaturrahmi dengan Kepala Bank Indonesia Cabang Jember. Hal ini dimaksudkan untuk konsultasi dan sharing tentang program kerja IAEI Komisariat UNMUH Jember. Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2018 dikantor Bank Indonesia Cabang Jember.

9. Seminar ekonomi syariah bersama Prof Dr. Muhamad, M.Ag (19 Desember 2018)

Seminar Ekonomi Syari’ah

Pada tanggal 19 Desember 2019 Prodi Ekonomi Syari’ah bekerja sama dengann Prodi Manajemen mengadakan Seminar bertemakan Optimalisasi SDM dibidang Ekonomi Syari’ah Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Adapun pemateri dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Muhammad, M.Ag yang telah mengarang buku lebih dari 90 Judul yang focus pada pengembangan Ilmu Ekonomi Islam. Pemaparan beliau pada seminar ini menjelaskan tentang proses industrialisasi hingga sampai pada era 4.0 saat ini, serta tantangan-tantangannya. Seminar ini diharapkan mampu mebekali para mahasiswa tentang gambaran masa depan Ekonomi Syari’ah kedepannya.

10. Penggalangan Dana Mhs ES UNMUH Jmeber untuk korban banjir kencong

Penggalangan dan Penyaluran Dana bagi Para Korban Banjir di Kencong dan Tempurejo

Sebagai bentuk kepedulian Mahasiswa Ekonomis Syari’ah terhadap korban banjir di wilayah Kecamatan Kencong dan Tempurejo, mahasiswa ES mengadakan penggalangan dana dibeberapa titik dikota Jember. Diantaranya di lampu merah Argopuro, dilanjutkan di lampu merah Armed, dan diakhiri di Alun-Alun Jember. Dana yang terhimpun kuerang lebih berjumlah Rp. 3.000.000 yang disalurkan melalui Baznas Jember. Kegiatan ini juga melatih para mahasiswa untuk lebih peka terhadap kondisi sosial, karena mereka adalah agent of social control yang harus benar-benar peduli terhadap masyarakat.

11. Mahasiswa Thailand

Peran Serta Mahasiswa Internasional

Kemanusiaan itu menembus batas teritorial sebuah negara. Ungkapan inilah yang dapat menggambarkan semangat mahasiswa Thailand di Prodi Ekonomi Syari'ah untuk turut serta dalam penggalangan dana korban banjir di salah satu daerah di Jember, yakni Kec. Kencong. Bersama sejumlah mahasiswa Indonesia lainnya, mereka tidak segan untuk menerima uluran tangan bagi masyarakat yang hendak menyalurkan bantuannya. Penggalangan dana ini dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2018 di tiga titik dalam waktu yang berbeda. Titik pertama di lampu merah Argopuro, dilanjutkan di lampu merah Armed, dan di akhiri di Alun-Alun Jember. Kegiatan ini menjadi modal sosial ketika mereka kelak terjun ke masyarakat, serta melati kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar.

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id

Search